Cara Mudah Membuat Team/Clan Banner Dota 2




Ketika sedang bermain DOTA 2 bersama teman-teman, rasanya ada yang kurang ketika kita hanya bisa bermain dengan tampilan itu-itu saja. Ya! satu hal yang perlu kita buat yaitu sebuah team dota 2 layaknya team-team profesional diluar sana. Dalam ulasan kali ini Mister akan memberikan sebuah tutorial membuat banner team dota 2 agar kamu mempuyai team dota 2 layaknya Pro team Dota 2.


tutorial ini saya pelajari dari DotANesianTV
mudah-mudahan tutorial versi bahasa indonesia ini bisa anda pahami :)
Sebelum memulai, pertama-tama siapkan bahan dan software editingnya :

Membuat Team

Untuk membuat banner team, kamu harus terlebih dahulu membuat team dan menjadi team admin untuk mengupload banner yang akan kita buat. jika kamu belum membuat team kamu bisa membuatnya pada community tab (didalam client dota2) lalu click Create new team, isi data-data team kamu lalu klik Create Team.


Membuat Base Logo

Base logo ini adalah logo yang akan ditampilkan pada lantai fountain dan disekitar base (Radiant/Dire). extract dulu template yg kamu download tadi, lalu buka file dengan photoshop atau software editing lainnya

1. Pilih background base logo

Pilih Background dari template valve tadi dan pilihlah yang sesuai dengan logo team kamu


2. Tambahkan logonya dengan background

*klik Create new layer dan kliklah pada Layer 1 



*setelah itu drag logo team kamu ke tengah background.



jika sudah mengatur ukuran yg sesuai tekan enter dan simpan dengan format .png

Membuat Banner Logo


Banner logo ini adalah banner yang akan ditampilkan di sekitar wilayah base (atau biasa saya sebut bendera team :D) ukuran nya sama dengan base tapi banner ini terpotong menjadi 2 bagian yaitu kiri untuk bagian depan dan kanan untuk bagian belakang.

*Buka border dan banner, untuk border nama filenya dimulai dengan border_ dan untuk team banner dimulai dengan team_banner_



*lalu buka lagi alpha file sesuai dengan border yg kamu pilih









*copy alpha dan border kedalam banner



*pilih magic wand tool dan pilih opsi Add to selection






*setelah itu klik pada layer 1 dan arahkan magic wand tool ke bagian segitiga hitam dan klik ketiga-tiganya seperti gambar berikut



jika terjadi kesalahan dalam memblocking segihitamnya bisa di ulang dengan menekan shirtcut ctrl+D

*masih di layer alpha kemudian klik icon mata disamping layer alpha untuk menyembunyikan tampilan alpha









*kemudian klik layer banner (layer 0) lalu pilih eraser tool dan hapus bagian yang dipilih oleh magic wand tool tadi.



*setelah menghapus hilangkan seleksi dengan ctrl+D lalu tambahkan logo pada bannernya dengan cara drag seperti pada pembuatan base logo yang sudah kita buat pertama.


*setelah selesai simpan dengan format .png dan pilih PNG options interlace none (pilihan ini untuk membuat banner terlihat transparant)

copy ke 2 file yang telah di simpan tadi dan juga logo team dasar kedalam folder dota 2 steam :
\Steam\steamapps\common\dota 2 beta

Sekarang waktunya untuk mengupload 2 file tadi ke profil team dota mu, masuk ke community tab>my team> lalu klik edit team info



klik browse dan upload sesuai contoh di gambar berikut :



masukan juga logo sponsor jika ada.

untuk melihat hasil jadinya di map in-game buatlah practice lobby dan pilih team
yang sudah di edit bannernya.

langsung saja klik start game


Hasil jadi







Selamat anda sudah mempelajari bagian dasar untuk mendesain logo dan banner team :D silahkan berkreasi membuat logo team dota 2 anda sendiri :)


hal-hal yang perlu di ingat adalah :

base logo dan banner logo ukurannya 256x256 pixels.
selalu simpan dengan format .png dan opsi interlaced on agar transparan.
banner terpotong menjadi 2 bagian dan bagian depan yang ditampilkan adalah bagian kiri. semoga bermanfaat bagi anda yang ingin belajar membuat logo team dota 2, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada commentbox di bawah ini.

Masukan Email Kamu dibawah Ini dan Klik Subscribe Untuk Melihat Artikel Terbaru

3 Responses to "Cara Mudah Membuat Team/Clan Banner Dota 2 "

  1. Gan ane masih bingung pake photoshop sekarang yang 7.0

    BalasHapus
  2. filenya susah di download. filenya kecil tapi lama banget

    BalasHapus